Ketikan Surat, sebagai contoh singkat seperti di bawah :
Kepada :
Alamat :
Di harapkan kehadiran pada :
Pkl : 16.00 WITA
DI Gor Lila Bhuana
Atas perhatinnya, kami ucapkan terimakasih.
Hormat kami
Panitia
(———–)
Langkah 2(membuat mail merge)
– Klik menu bar Mailling
– Klik Start Mail Merge
– Pilih Letters
– Kemudian kita Klik Select Recipients
– Pilih Type New List
– Kemudian akan muncul Windows seperti dibawah :
– Kemudian kita klik tombol “Customize Columns…”, karena kita hanya membutuhkan 2 field, yaitu Nama dan Alamat
– Setelah kita klik tombol “Customize Columns…”, akan muncul kotak dialog seperti di bawah,
– Tugas kita disini ilaha menghapus semua field yang ada, dengan cara klik tombol “Delete”, dan akan muncul dialog pertanyaan seperti gamabr dibawah,
-klik “yes” Dan kita bisa lihat bahwa field “Title” telah hilang, dan lakukan hal tersebut hingga field kosong, seperti gambar di bawah,
– Kemudian untuk mengisikan field “Nama” dan “Alamat”, kita klik tombol “Add”. Lihat gambar di bawah,
– Dan seterusnya hingga field “Alamat”, dan klik OK
– Maka akan muncul dialog seperti dibawah,
– Di dialog ini, kita akan mengisikan data atau nama dan alamt orang yang akan kita undang, pilih “New Entry” (sebanyak kebutuhan kita), lalu klik OK
– Kemudian kita harus simpan data yang sudah kita inputkan, untuk nama terserah anda.
– Setelah selesai kita membuat data, maka kita menginjak langkah selanjutnya. Langkah 3
– Menjalankan mail merge kita, lihat gambar di bawah,
– Posisikan kursor kita di isian Kepada, dan kita klik tombol “Insert Merge Field”, pilih “Nama”, dan pilih “Alamat” untuk isian alamat, maka akan muncul otomatis seperti terlihat gambar dibawah,
– Kemudian untuk menampilkan data, kita Klik tombol “Preview Result”, seperti gambar di bawah,
– Maksud angaka satu adlah, merupakan data ke-1, dan untuk melihat berikutnya, klik tombok Next, lihat gambar di bawah,
Dan undangan siap di print tanpa harus merubah atau mengulangi penulisan surat.
0 komentar:
Posting Komentar