![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUEzziBcaRKxhVqTCdXu6Ypz1twdO1FjCpWf-tHad7M6H97QsHA9BGELuziT5fWshPi4R1NfiPCQcEMoSkJmQDwrVrtTvqV2A-oNWZBdQH73Deim33Er1SYWAaCql30sRQ2TIltMbKo-Tt/s1600/unnamed.png)
Ketikan Surat, sebagai contoh singkat seperti di bawah :
Kepada :
Alamat :
Di harapkan kehadiran pada :
Pkl : 16.00 WITA
DI Gor Lila Bhuana
Atas perhatinnya, kami ucapkan terimakasih.
Hormat kami
Panitia
(———–)
Langkah 2(membuat mail merge)
– Klik menu bar Mailling
– Klik Start Mail Merge
– Pilih Letters
![G1](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g1.png?w=300&h=159)
– Kemudian kita Klik Select Recipients
![G2](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g2.png?w=300&h=114)
– Pilih Type New List
– Kemudian akan muncul Windows seperti dibawah :
![G3](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g3.png?w=300&h=201)
– Kemudian kita klik tombol “Customize Columns…”, karena kita hanya membutuhkan 2 field, yaitu Nama dan Alamat
– Setelah kita klik tombol “Customize Columns…”, akan muncul kotak dialog seperti di bawah,
![G4](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g4.png?w=300&h=264)
– Tugas kita disini ilaha menghapus semua field yang ada, dengan cara klik tombol “Delete”, dan akan muncul dialog pertanyaan seperti gamabr dibawah,
![G5](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g5.png?w=300&h=71)
-klik “yes” Dan kita bisa lihat bahwa field “Title” telah hilang, dan lakukan hal tersebut hingga field kosong, seperti gambar di bawah,
![G7](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g7.png?w=300&h=263)
– Kemudian untuk mengisikan field “Nama” dan “Alamat”, kita klik tombol “Add”. Lihat gambar di bawah,
![G8](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g8.png?w=300&h=267)
– Dan seterusnya hingga field “Alamat”, dan klik OK
![G9](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g9.png?w=300&h=260)
![G10](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g10.png?w=300&h=265)
– Maka akan muncul dialog seperti dibawah,
![G11](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g11.png?w=300&h=199)
– Di dialog ini, kita akan mengisikan data atau nama dan alamt orang yang akan kita undang, pilih “New Entry” (sebanyak kebutuhan kita), lalu klik OK
![g22](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g22.png?w=300&h=201)
– Kemudian kita harus simpan data yang sudah kita inputkan, untuk nama terserah anda.
![G12](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g12.png?w=300&h=207)
– Setelah selesai kita membuat data, maka kita menginjak langkah selanjutnya. Langkah 3
– Menjalankan mail merge kita, lihat gambar di bawah,
![g14](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g14.png?w=283&h=300)
– Posisikan kursor kita di isian Kepada, dan kita klik tombol “Insert Merge Field”, pilih “Nama”, dan pilih “Alamat” untuk isian alamat, maka akan muncul otomatis seperti terlihat gambar dibawah,
![g15](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g15.png?w=300&h=196)
– Kemudian untuk menampilkan data, kita Klik tombol “Preview Result”, seperti gambar di bawah,
![g16](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g16.png?w=300&h=208)
– Maksud angaka satu adlah, merupakan data ke-1, dan untuk melihat berikutnya, klik tombok Next, lihat gambar di bawah,
![g17](https://kadekrahayu2blog.files.wordpress.com/2015/01/g17.png?w=300&h=209)
Dan undangan siap di print tanpa harus merubah atau mengulangi penulisan surat.
0 komentar:
Posting Komentar